Yadi Blogging Pemula yang Masih Belajar Menulis Banyak Cerita dan Pengalaman di Dunia Internet Saya juga Mengelola Website AKUNADS.COM Untuk Jasa Pembuatan Website.

Cara membuat Formulir online Pendaftaran Sekolah dengan Google Drive

1 min read

Pada masa virus corona melanda banyak siswa di liburkan dan belajar di rumah melalui media online. Hal tersebut menjadi salah satu untuk memutus mata rantai penyebaran virus, namun bagai mana dengan pendaftaran siswa. Maka di butuhkan pendaftaran secara online, agar lebih mudah untuk mendaftar jadi tidak perlu datang ke sekolahan.

Untuk membuat pendaftaran online maka di butuhkan sebuah website yang akan digunakan membuat form pendaftaran sekolah. Bila anda ingin membuat pendaftaran dengan website tentu membutuhan bahasa pemograman web untuk membuatnya. Cara membuat formulir online dengan mudah tanpa bahasa pemograman adalah dengan google drive.

Google drive adalah layanan penyimpanan milik google yang bisa anda gunakan secara gratis, memiliki kapasitas ruang penyimpanan 15 gb. Fungsi utama dari google drive untuk menyimpan dokumen secara online, bisa anda gunakan dimana saja baik di rumah dan kantor. Berikut ini formulir peserta yang akan anda coba untuk membuat pendaftaran siswa sekolah baru.

Cara membuat Pendaftaran online dengan Google Drive

Untuk memulai anda harus memiliki akun gmail terlebih dahulu, lalu anda kunjungi situs http://drive.google.com/

Lalu silahkan anda login dengan akun gmail anda yang aktif.

cara membuat formulir pendaftaran sekolah online

Setelah anda berhasil login, maka akan tampak google drive pilih baru lalu kebawah pilih menu lainnya lalu klik google formulir .

Baca juga : Cara menghapus History Google

cara membuat pendaftaran siswa baru online

Maka akan membukak tab baru yang akan anda gunakan untuk membuat formulir dan edit bentuk seperti apa yang ingin anda buat. Maka ada dua menu yaitu pertannyaan dan respons, untuk dibagian pertannyaan tempat anda membuat judul dan jawaban yang akan anda kasih.

Untuk respons bagian menampung pertannyaan yang telah anda buat, maka akan masuk secara otomatis ke data base email. Berikut gambaran form pendaftaran seperti gambar dibawah ini yang bisa anda coba.

cara membuat formulir online yang bisa dicetak

Bila anda ingin menambahkan pertannyaan lagi, pada bagian sebelah kanan terdapat icon tambah untuk menambahkan jawaban yang akan anda buat. Setelah selsai semua dibuat anda juga bisa melihat seperti apa hasil dari formulir pendaftaran menggunakan menu icon pertinjauan.

Setelah selsai silahkan anda kirim kesemua alamat email untuk mengirim formulir pendaftaran yang sudah anda buat. Bukan untuk di kirim saja anda juga bisa salin link dan dipendekkan untuk di bagikan atau di sematkan di kode html.

cara membuat pendaftaran siswa baru online

Bukan hanya tentang pendaftaran saja yang bisa anda buat, anda juga bisa membuat tentang soal tanya jawab dengan google drive. Maka akan ada pilihan ganda, kotak centang, sekala linier dan uploud file.

Baca juga : Cara menggunakan Ok Google Voice

Untuk konten video google drive bisa untuk di sematkan video dan formulir pendaftaran online agar bisa untuk di putar konten video.

Formulir online dari google drive ini bisa dicetak anda bisa lakukan pada bagian respons terdapat titik tiga di pojok kanan atas. Silahan anda pilih bisa di cetak secara langsung atau download dengan format .csv.

Dapat di ambil kesimpulan tentang cara membuat formulir online dengan google drive sangat mudah dan gratis yang bisa anda gunakan kapan saja dan di mana saja.

Avatar
Yadi Blogging Pemula yang Masih Belajar Menulis Banyak Cerita dan Pengalaman di Dunia Internet Saya juga Mengelola Website AKUNADS.COM Untuk Jasa Pembuatan Website.

Daftar Pustaka Online

Avatar Yadi
1 min read

Cara Mengetik di Laptop

Avatar Yadi
1 min read

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *